Kamis, 16 Mei 2019

7 Tempat Wisata di Sampang Madura Terbaru

Obyek wisata di Sampang –Kita sudah pasti tidak asing dengan Pulau Madura kan? Nah, wilayah yang akan kita ulas kekuatan wisatanya kesempatan ini salah satu sisi dari Pulau Madura.

Sampang adalah satu dari empat daerah kabupaten yang berada di Pulau Madura. Dengan administratif kabupaten ini adalah sisi dari Propinsi Jawa Timur.

Serupa seperti wilayah – wilayah di Pulau Madura yang yang lain, kabupaten ini mempunyai banyak obyek wisata yang menarik serta mungkin.

Mulai dari wisata pantai, wisata pegunungan, s/d wisata riwayat, semua ada di kabupaten ini.

Dengan keseluruhan, kabupaten ini mempunyai luas seputar 1.233 km persegi yang terdiri atas 14 daerah kecamatan, 6 daerah kelurahan, serta 180 daerah desa.

Kabupaten ini mempunyai flora serta fauna endemik yang cukup unik, yakni berbentuk Jambu Mawar serta Kera Nepa.

Tempat Wisata di Sampang Jawa Timur Seperti yang sudah kami katakan diatas, Sampang mempunyai banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa salah satunya ialah seperti berikut:




1. Pulau Mandangin
Pulau Mandangin lewat IG @amufids

Bila Kota Jakarta mempunyai Pulau Tidung, Kab. Sampang mempunyai Pulau Mandangin yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Pulau ini tawarkan daya tarik penting berbentuk pantai pasir putih yang begitu bersih serta air laut yang jernih berwarna kebiru – biruan.

Khasnya, meskipun mempunyai pemandangan yang indah, pulau ini sempat mempunyai riwayat yang kelam lho!

Beritanya jauh sebelum pulau ini jadikan jadi satu diantara tujuan wisata popular di Sampang, pulau ini dahulunya adalah pulau pengasingan.

Tidak tanggung – tanggung, orang yang diasingkan ke pulau ini ialah mereka yang terjangkit penyakit menyebar serta mematikan yakni penyakit lepra.

Meskipun berkesan cukup menyeramkan, tetapi Anda tak perlu cemas. Pasalnya cerita itu telah benar – benar usai, hingga keamanan pulau ini begitu terjamin.

Oh dia, sebab tempatnya yang terpisah dengan Pulau Madura, untuk dapat sampai ke pulau eksotis ini Anda harus harus melintas memakai angkutan perahu tradisionil yang disiapkan oleh warga ditempat.

Umumnya dalam situasi cuaca bagus waktu perjalanan yang diperlukan untuk dapat sampai ke pulau ini ialah seputar 30 menit. Perjalanan akan diawali dari Pelabuhan Tanglok, Sampang.

Tidak hanya liburan nikmati indahnya pantai di sini, sebaiknya jika kamu bawa pancing serta umpan untuk memancing di sini. Nah, bertambah dahsyat jika bawa alat untuk memanggang ikan, wah, berlibur tentu menjadi tambah dahsyat.

2. Pantai Camplong Tempat: Desa Dharma Camplong, Kab. Sampang (8 km sari pusat Kota)


Pantai Camplong lewat IG @waonezegas

Spesial untuk Anda yang ingin nikmati makan siang maupun makan malam romantis dengan pasangan, di Sampang ada tempat wisata pantai bernama Pantai Camplong yang begitu cocok untuk dipakai jadi tempat untuk mewujudkan kemauan Anda itu.

Mengapa? Sebab pantai ini mempunyai area tempat makan yang menjorok ke perairan pantai.

Tempat itu tawarkan situasi makan yang begitu bagus serta tentu saja romantis, khususnya di sore hari, yakni waktu mendekati waktu matahari tenggelam.

Untuk situasi pantainya sendiri sampai sekarang ini masih termasuk cukuplah bagus serta asri.

Sisi bibir pantai ini banyak ditumbuhi oleh pohon cemara yang rimbun.

Diluar itu, sebab terletak yang strategis, pantai ini ikut tawarkan pemandangan sunset yang mengagumkan eksotis lho!

Pada hari normal pantai ini dapat didatangi setiap saat sepanjang 24 jam non stop. Walau bagaimanapun waktu paling baik untuk mengunjunginya ialah di sore hari, yakni mendekati waktu matahari tenggelam.

Bila Anda ingin bertandang ke pantai ini tempatnya berada di Desa Dharma Camplong, Kab. Sampang, Madura, Jawa Timur (dari Pusat Kota Sampang cuma memiliki jarak seputar 8 km saja).

3. Waduk Klampis Tempat: Desa Kramat, Kecamatan Kedundung, 9 km kota Sampang

Waduk Klampis lewat Sampang.situs.id

Obyek wisata di Sampang yang setelah itu Waduk Klampis. Waduk Klampis adalah satu – satunya waduk yang berada di Pulau Madura.

Ya, sebab Pulau Madura tidaklah terlalu luas (bila dibanding dengan Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan lain-lain), karena itu jumlahnya waduk yang ada di pulau ini juga pun tidak banyak.

Waduk ini digunakan jadi tandon penampungan air yang nanti akan digunakan untuk kepentingan irigasi area persawahan sekaligus juga penyuplai air ke wilayah – wilayah seputar.

Terakhir, sebab panoramanya yang lumayan bagus, waduk ini seringkali jadikan jadi tempat nongkrong di Sampang oleh beberapa kawula muda.

Di sore hari banyak anak muda wilayah yang duduk – duduk di pinggir waduk ini sekedar untuk santai serta bercengkerama dengan rekan.

Diluar itu ada pula yang memakainya jadi tempat untuk memancing.

Sebab di waktu – waktu tersendiri jumlahnya pelancong yang hadir ke waduk ini lumayan banyak, terakhir warga seputar waduk ini mulai menyiapkan sarana perahu sampan yang dapat disewa oleh pelancong untuk berkeliling-keliling area waduk.

So, bila Anda ingin bertandang kesini, janganlah lupa untuk berkeliling-keliling area waduk ini memakai sampan ya!

Artikel berkaitan: 19 Tempat Berlibur di Sumenep Jawa Timur

4. Makam Ratu Ibu Tempat: Desa Polangan, Kab. Sampang, Madura

Makam Ratu Ibu lewat Kompasiana

Makam Ratu Ibu yang dikenal juga dengan nama lain Kuburan Madegan adalah satu diantara obyek wisata religi serta riwayat yang cukup popular di kelompok warga Sampang serta sekelilingnya.

Makam ini adalah makam spesial untuk beberapa bangsawan Sampang. Orang – orang yang disemayamkan di sini yaitu mereka yang sudah berjasa sekaligus juga sempat pimpin wilayah Sampang.

Meskipun sekarang ini Sampang tidak digerakkan dengan skema kerajaan, tetapi warga Sampang masih menghargai kehadiran makam ini.

Ini kelihatan dari situasi Kompleks Makam Ratu Ibu yang begitu bagus serta tertangani. Walau sebenarnya bagian-bagian makam ini sudah berumur beberapa puluh atau bahkan juga beberapa ratus tahun.

Bila Anda adalah tipikal pelancong yang hoby bertandang ke obyek wisata riwayat, Makam Ratu Ibu ini harus Anda masukan ke daftar arah wisata Anda sepanjang di Sampang.

Di sini Anda bisa berziarah sekaligus juga memperoleh info yang berkaitan dengan riwayat Kab. Sampang, khususnya yang berkaitan dengan orang – orang penting yang disemayamkan di makam ini.

Tempat Makam Ratu Ibu berada di Desa Polangan, Kab. Sampang, Madura, Jawa Timur.

Pada hari normal tempat rekreasi di Sampang ini dapat didatangi tiap hari dari mulai pagi sampai sore.

Baca juga : peta jalan ke sumber maron dan river tubing sumber maron

5. Air Terjun Toroan Tempat: Desa Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Pulau Madura

Air Terjun Toroan lewat IG @aqinfhy_

Tempat jalan – jalan di Sampang yang selanjutnya ialah Air Terjun Toroan. Air Terjun Toroan terdapat Kec. Ketapang, persisnya di Desa Ketapang Daya, Pulau Madura, Jawa Timur.

Air Terjun ini adalah satu diantara tujuan wisata favorite pelancong lokal.

Tingginya apresiasi warga lokal untuk bertandang ke air terjun ini diindikasikan oleh pemandangan alamnya yang mengagumkan indah serta tentu saja unik.

Ya, bila umumnya air terjun yang lain umumnya mempunyai saluran yang panjang, air terjun yang satu ini mempunyai saluran yang termasuk pendek.

Hal itu berlangsung sebab letak air terjun ini yang bersisihan dengan area pantai, hingga saluran airnya langsung mengalir ke bibir pantai.

Waktu pertama sampai ke tempat air terjun ini, Anda akan diterima dengan “Air Terjun Mini” yang tidak kalah eksotis.

Kehadiran “Air Terjun Mini” itu seringkali mengelabui beberapa pelancong.

Untuk dapat sampai ke air terjun aslinya, Anda harus berjalan kaki lewat anak tangga yang lumayan panjang. Cukup melelahkan memang, tetapi semua rasa capek yang Anda alami ditanggung akan langsung terbayar lunas demikian Anda lihat pemandangan indah yang ditawarkan oleh air terjun ini.

Sebab terdapat di tepi pantai, waktu bertandang ke air terjun ini Anda dapat mandi serta main air di dua type air sekaligus juga, yakni air tawar dari saluran air terjun serta air asin dari tepi pantai.

Pada hari normal tempat wisata hits di Sampang yang satu ini dibuka untuk umum tiap hari dari mulai pagi sampai sore.

Untuk dapat masuk ke tempat air terjun ini pelancong harus membayar uang retribusi sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil serta 5 ribu rupiah untuk sepeda motor.

5. Puing-puing Pababaran Tempat: Pusat Kota Sampang

Puing-puing Pababaran lewat Wisatamadura.or.id

Serupa seperti umumnya daerah kabupaten yang lain di Propinsi Jawa Timur, tidak hanya tawarkan wisata alam, Kab. Sampang ikut tawarkan beberapa jenis obyek wisata riwayat. Diantaranya yang cukup populer ialah kompleks Puing-puing Pababaran.

Meskipun telah berupa puing-puing, tetapi tempat ini adalah tempat yang penting buat warga Sampang.

Beritanya, tempat ini adalah tempat kelahiran (sekaligus juga tempat makam) Raden Trunojoyo, yakni salah seseorang tokoh punya pengaruh di Sampang.

Keseluruhannya sedikit kegiatan wisata menarik yang dapat dikerjakan dalam tempat ini. Sebagian besar pelancong yang hadir umumnya sekedar hanya berziarah serta lihat – lihat tempat seputar.

But, bila Anda adalah tipikal pelancong yang hoby menelusuri ke tempat – tempat yang bersejarah, Puing-puing Pababaran ini benar – benar begitu rekomended untuk Anda datangi.

Tempat tempat wisata Puing-puing Pababaran terdapat di pusat Kota Sampang. Berstatus jadi sarana umum, tempat ini bisa didatangi setiap saat sepanjang 24 jam non stop.

6. Wisata Rimba Monyet Nepa Tempat: Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang


Wisata Rimba Monyet Nepa lewat Pulaumadura

Obyek wisata di Sampang yang setelah itu Wisata Rimba Monyet Nepa. Wisata Rimba Monyet Nepa terdapat di Rimba Kera Nepa yang berada di sisi pesisir utara Madura, persisnya di Desa Nepa.

Dengan keseluruhan rimba ini mempunyai luas seputar 1 km persegi yang hampir keseluruhannya adalah habitat rumah Kera.

Sesuai nama yang dipunyainya, tempat wisata ini tawarkan daya tarik penting berbentuk kehadiran kawanan Kera.

Bila di taman hewan Anda cuma dapat lihat Kera dari luar area kandang, di sini Anda dapat berhubungan dengan kawanan kera dengan cara langsung.

Diluar itu, sebab rimba ini terdapat di tepi pantai, waktu bertandang ke tempat ini Anda dapat juga lihat area rimba mangrove yang berada di sini.

Supaya lebih bebas Anda dapat menyewa perahu sampan yang memang menyengaja disiapkan oleh warga ditempat untuk kepentingan pariwisata.

Meskipun mempunyai pemandangan yang unik serta eksotik, tetapi sampai artikel ini dicatat akses tempat ke arah ke rimba kera ini masih termasuk sedikit susah.

Tidak hanya terdapat di wilayah terpencil, situasi jalan yang harus dilewati juga belum juga bagus.

But, keseluruhannya daya tarik yang ditawarkan tempat wisata ini cukup sepadan kok dengan pengorbanan yang harus dikeluarkan!

So, bagaimana? Apa Anda masih tertarik untuk bertandang ke Rimba Kera Nepa ini?

Bila ya, Anda bisa bertandang ke rimba ini tiap hari dari mulai pagi sampai sore.

7. Gua Lebar Tempat: Jl. Pahlawan, Desa Rong Tengah, Kec. Sampang, Kab. Sampang

Gua Lebar lewat IG

Apa yang terjadi bila beberapa tanah di seputar rumah Anda amblas? Pasti Anda akan menganggap jadi musibah kan?

Itu yang mungkin berlangsung di Sampang beberapa ratus tahun yang kemarin. Ya, beberapa ratus tahun yang lalu, direncanakan ada banyak area tanah di Pusat Kota Sampang yang Amblas.

Pada saat itu, amblasnya tanah itu pasti dipandang seperti musibah. Tetapi sekarang ini yang berlangsung justru sebaliknya. Tempat amblasnya tanah itu justru menjadi satu diantara obyek wisata di Sampang yang ramai didatangi oleh pelancong.

Nama tempatnya ialah Goa Lebar. Goa ini dimaksud goa lebar sebab ukuran mulutnya yang begitu lebar, yakni seputar 200 meter dengan tingkat kedalaman seputar 300 meter.

Ya meskipun sebetulnya tempat ini lebih pas digolongkan jadi jurang (mengingat guanya sekarang ini telah tertutup), tetapi sebab dahulunya tempat ini ialah goa, pada akhirnya masyarakat seputar masih menggelarinya jadi satu goa.

Sebab tidak ditempati, sisi tengah goa ini ditumbuhi oleh beberapa jenis pohon serta tanaman liar.Beberapa dari pohon itu beritanya memang menyengaja ditanam oleh faksi pengelola goa ini lho!

Umumnya pelancong yang hadir ke tempat wisata ini akan manfaatkan sisi tepi goa jadi tempat untuk berpose.

Satu hal yang harus Anda ingat, waktu bertandang ke tempat ini Anda dianjurkan tidak untuk berdiri begitu dekat sama area pinggir mulut goa (dari atas).

Amannya, Anda kami anjurkan untuk berpose di area bawah saja. Toh dibagian bawah (area seputar mulut goa) nya banyak juga spot photo yang menarik kok (berbentuk patung orang tradisionil madura, patung naga, dan lain-lain).

Tempat tempat wisata Goa Lebar berada di Jl. Pahlawan, Desa Rong Tengah, Kec. Sampang, Kab. Sampang. Obyek wisata ini dapat didatangi setiap saat sepanjang 24 jam non stop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar