Kamis, 02 Mei 2019

13 Tempat Wisata di Laos yang Wajib Dikunjungi

Laos, satu diantara negara di Asia Tenggara yang mempunyai banyak candi dan bangunan yang mengagumkan. Diluar itu keindahan alam berbentuk gunung-gunungnya juga menarik beberapa pelancong untuk hadir bertandang. Tersebut beberapa object wisata di negara Laos yang pantas buat anda datangi :




Pha That Luang
Pha That LuangObyek wisata yang pertama ialah Pha That Luang yang adalah satu candi budha yang memiliki ukuran lumayan besar serta berlapis emas. Ada di pusat kota Vientiane, candi yang satu ini memiliki 3 tingkat yang semasing tingkat jadi refleksi sisi dari doktrin budha. Pha That Luang dibuat pada era ke-3 serta sempat alami seringkali perbaikan, diantaranya ialah pada tahun 1930. Obyek wisata yang satu ini disebutkan jadi monumen nasional sangat penting serta adalah lambang nasional.

Pha That Luang adalah Stupa besar peninggalan Buddha dengan tinggi lebih dari 45 meter serta lebarnya seputar 69 meter. Pha That Luang ini memiliki bentuk seperti piramida serta di skelilingnya dikelilingi oleh stupa kecil dengan jumlahnya seputar 30. Pha that luang ini adalah stupa yang semua bagiannya tertutupi dengan 500 kg emas murni, emas ialah logam mulia yang dapat tunjukkan keelokan Laos. Lihat stupa ini memiliki bentuk serupa dengan Candi Borobudur yang keduanya sama peninggalan Buddha.




Wat Xieng Thong
wat Xieng ThongWat Xieng Thong adalah candi budha yang lokasiya berada di ujung utara Semenanjung Luang Prabang. Tempat yang dibuat pada 1559 ini adalah satu monumen lambang semangat agama dan seni tradisionil.

Pembangunan candi budha ini dikerjakan oleh Raja Setthatirath serta persisnya berada di pertemuan antara Sungai Mekong dengan sungai Nam Khan. Bangunan ini benar-benar mengagumkan, dengan pintu kayu berukir serta dilapis emas. Seputar tahun 1950-1960an dikerjakan perbaikan keseluruhannya untuk melakukan perbaikan candi-candi yang rusak sebab kurang tertangani serta yang rusak karena peperangan. Buat anda yan hadir ke tempat ini anda dapat temukan kekhasan dari Wat Xieng Thong. Obyek wisata ini serupa dengan rumah tradisi yang berada di Indonesia. Walau telah lama diperbaiki, tempat ini masih kelihatan berdiri kuat serta terbangun dengan baik.



Buddha Park
Buddha ParkTempat wisata yang satu ini juga dikenal dengan nama Xieng Khuan. Ini adalah taman patung yang berada kira-kira 25 km arah tenggara Vientiane. Meskipun di ruang wisata itu tidak diketemukan candi, namun Budha Park tetap harus diberi nama Wat Xieng Khuan. Sebab ada lebih dari 200 buah patung budha serta hindu, karena itu pemerintah akan memutuskan untuk bikin ruang itu jadi tempat wisata.

Memang bentuk patung-patung itu serupa dengan patung pada era ke-17 atau 18. Namun sebetulnya patung-patung yang berada di Budha Park direncanakan membuatnya dikerjakan oleh Luang Pu Bunleua Sulilat pada tahun 1958. Patung Buddha banyak yang menghiasi taman ini. Tidak hanya dapat diguakan utnuk obyek wisata, Buddha Park ini dapat dipakai untuk wisata pengetahuan serta budaya waktu ada di Taman Buddha ini.

Baca juga : alamat coban parang tejo

Wat Si Saket
Wat Si SaketSelanjutnya ada Wat Si Saket. Ini adalah candi budha yang berada di Vientiane, Laos, serta pembangunannya dikerjakan pada tahun 1818. Mengangkat arsitektur budha style Siamese, candi yang satu ini dibuat atas perintah dari Raja Anouvong (Setthatirath V). Pada dinding Wat Si Saket, kita akan lihat jumlahnya perak dan keramik. Direncanakan jumlahnya perak serta keramiknya sampai lebih dari 2000 buah. Tidak hanya keindahan arsitekturnya, candi itu juga mempunyai museum dibagian dalam.

Wat Si Saket ini letaknya berada di jantung kota Vientiane. Wat Si Saket memiliki bentuk serupa dengan kuil. Kuil ini jadikan jadi ialah hanya satu untuk sobrevio invasi yang dikerjakan oleh tentara Siam semenjak tahun 1828. kuil ini ialah kuil paling tua di Vientiane. Keunikan kuil ini ialah menjaga bentuk aslinya aslinya untuk Sisaket. Minimal ada hampir sekitar 7000 patung Buddha yang dipasang di muka Wat Si Saket. Patung itu jadi desai interior Wat Si Saket. Wat Si Saket salah satu daya tarik wisata yang berada di Kota Vientine ibukota Laos.

Baca : Obyek wisata di Belanda

Phu Chi FA
Phu Chi Fa Obyek wisata yang popular di Laos seterusnya bernama Phu Chi Fa yang adalah gunung dan rimba taman nasional yang letaknya berada di perbatasan negara Thailand serta Laos. Pemandangan pegunungan di sekelilingnya demikian menarik serta saat mendekati fajar umumnya pelancong banyak yang hadir untuk lihat kabut yang terlihat seperi lautan menutupi gunung-gunung di sekitarnya.

Pu Chi Fa memiliki ketinggian antara 1200 meter s/d 1600 meter diatas permukaan air laut, dengan suhu seputar 20OC. Perlu untuk diketahui jika Pu Chi Fa mempunyai 3 musim, yakni musim panas, hujan, serta musim dingin. Terdapatnya ke-3 musim itu dikuasai oleh angin muson tropis. Pekerjaan yang dapat dilakukan pada pagi hari ialah Anda dapat melihat matahari keluar di atas awan yang serupa dengan lautan awan.

Baca : Obyek wisata di Lumajang

Phou Si
Phou SiIni object wisata Laos yang popular. Namanya ialah Bukit Phou Si dengan ketinggianya s/d 100 meter serta tempatnya berada di Kota Tua Luang Prabang. Bukit ini dikatakan sebagai rumah agama untuk masyarakat seputar serta diapit oleh 2 sungai, yakni Sungai Nam Khan dan Sungai Mekong.

Di tempat ini akan anda jumpai beberapa candi budha. Jika anda naik ke atas bukitnya, baru 1/2 perjalanan, dibawah sana (menghadap arah Sungai Nam Khan) akan terlihat Wat Tham Phou Si. Sesaat jika anda sudah tiba diatas bukit, akan kelihatan pemandangan yang menarik dari ketinggian, termasuk juga Wat Chom Si, satu candi budha yang jadi satu diantara magnet pelancong waktu bertandang ke Kota Tua Luang Prabang. Waktu ada di pucuk Pho Si pengunjung dapat lihat keindahan panorama yang sanagat populer. Diatas pucuk ini terdapat beberapa kuil. Waktu akan ke arah tempat ini anda harus lewat tanjakan dan turunan. Pengunjung dapat juga lihat keindahan pegunungan yang melingkari Phou Si.

Baca : Obyek wisata di Lumajang

Bolaven Plateau
bolaven Plateau Selanjuntnya kita akan bertandang ke Bolaven Plateau, satu dataran tinggi dengan ketinggian sekitar antara 1000 s/d 1350 meter diatas permukaan air laut. Letaknya di antara Pegunungan Annamite yang berada di perbatasan negara Laos dengan Vietnam. Mempunyai daya tarik berbentuk sungai-sungai yang melewati tempat ini dan air terjun yang lumayan banyak.

Tempat satu ini jadi obyek wisata sebab memiliki banyak air terjun, dapat disebut air terjun di sini tidak terhitung banyaknya. Sedang untuk namanya sendiri yakni Bolaven, aslinya dari Laven yang adalah grup etnis yang menguasai daerah itu. Air terjun terpopuler di Bolaven Plateau bernama Air Terjun Tad Lo, memiliki bermacam-macam tanaman di sekitarnya.

Keindahan Air Terjun yang cuma mempunyai tinggi beberapa meter saja ini telah sangat populer, hingga jadikan jadi air terjun paling popular di Bolaven Plateau. Diluar itu anda dapat bertandang ke air terjun tertinggi di Laos bernama Air Terjun Patuh Fang/ Dong Hua Sao yang ketinggiannya sampai 120 meter.

Baca : Tempat wisat di Cilacap

Vat Phou
Vat PhouVat Phou atau juga dikenal dengan Wat Phou ialah kompleks candi khmer hindu yang tempatnya berada di Gunung Phu Kao, kira-kira jaraknya 6 km bila ditempuh dari Sungai Mekong yang berada di Propinsi Champasak.

Dahulunya ada candi yang berasal dari era ke-5 di ruang Vat Phou, namun sekarang cuma ada susunan candi yang aslinya dari abad-11 s/d abad-13. Vat Phou sampai saat ini digunakan jadi pusat beribadah umat budhis Theravada yang mempunyai susunan unik. Perlu untuk diketahui jika semenjak tahun 2001 tempat ini telah diputuskan jadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Tidak bingung jika Vat Phou demikian menarik ketertarikan pelancong untuk bertandang.



Patuxai
patuxai laosPatuxai atau Victory Gate (Gerbang Triumph) dulu diketahui bernama Anosavari Monument. Ini ialah monumen perang yang tempatnya berada di Vientiane apabila orang Perancis hadir, mengatakan jadi Aux Morts. Pembangunan monumen dikerjakan antara tahun 1957 s/d 1968. Arah pembangunan Monumen Patuxai ini ialah untuk kembali kenang layanan beberapa pahlawan serta orang yang ikut berusaha merampas kemerdekaan dari penjajahan Perancis. Tidak hanya dimaksud dengan beberapa nama berlainan yang telah dijelaskan diatas, Patuxai diberi nama dengan Arc de Triomphe dari Vientiane karena bangunan itu serupa dengan Arc de Triomphe yang berada di Paris. Design eksteriornya demikian menarik dimana ada hiasan dengan lambang agama Buddha berbentuk daun teratai serta menara stupa dan patung animisme.

Daya tarik dari object wisata yang satu ini ialah terdapatnya air mancur yang bergerak bersamaan alunan musik. Bukan sekedar itu saja, anda dapat juga mendaki pucuk Patuxai untuk lihat keindahan yang berada di seputar Patuxai



Museum Lao
museum lao Museum nasional yang tempatnya berada di Kota Vientiane. Museum yang tempati satu bangunan sisa kolonial Perancis ini fokus pada riwayat revolusi tahun 1970an. Awal pembangunan museum ini ditujukan jadi rumah Gubernur Perancis.

Pada 2007 Amerika memberikan dana yang diperuntukkan untuk peningkatan museum. Serta sekarang Museum Lao menyuguhkan perjalanan riwayat negara Laos, termasuk juga bagaimana beberapa orang Laos berusaha untuk mendapatkan kemerdekaan serta bebas dari penjajah. Buat anda yang ingin berwisata riwayat anda dapat hadir ke tempat ini. Di museum ini anda dapat bagaimana pejuang negara Laos untuk mendapatkan kemerdekaan. Sama dengan di Indonesia, kemerdekaan bukan hal yang gampang untuk dicapai. Oleh karenanya anda dapat tahu riwayat kemerdekaan negara Laos lewat museum ini.



Luang Prabang
Luang PrabangLokasi wisata ini juga populer popular sampai luar negeri, namanya ialah Luang Prabang yang persisnya ada di Laos. Satu diantara kota yang berada di Negara Laos ini pantas buat anda datangi sebab kota itu mempunyai style arsitektur benar-benar menarik dengan kebersihan yang terbangun. Nyaman sekali liburan kesini.

Luang Prabang ini mempunyai riwayat. Luang Prabang mempunyai nama lama bernama Muang Suang. Ditukar nama Luang Prabang yang bertepatan dengan penaklukan kota di tahun 698. Penakhlukan kota ini dikerjakan seseorang pangeran kerjaan yang gagah berani bernama Thai Khun Lo. Pangeran ini merampas kekuasan saat sang raja bernama Nan Chao yang waktu itu tengah bertunangan di luar kota Muang Sua. Rja Nan Chao waktu itu adlaha raja yang menyuruh di kota Muang Sua ( saat ini Luang Prabang ). Sebab dipenuhi oleh riwayat serta kebudayaan, Luang Prabang dinobatkan jadi satu diantara situs warisan dunia oleh UNESCO.


Sungai Mekong
Sungai Mekong laosSelanjutnya ada Sungai Mekong. Sungai yang disebutkan terpanjang di Asia Tenggara dengan panjangnya sampai seputar 4.350 km ini, begitu disukai beberapa pelancong yang bertandang ke Laos. Seperti yang kita ketahui jika alat transportasi penting yang berada di negara ini ialah perahu /transportasi sungai. Sungai Mekong dinobatkan jadi satu diantara sungai penting yang berada di dunia ini. Bahkan juga volume air yang dipunyai oleh Sungai Mekong semakin banyak dibanding dengan sungai sungai lain yang berada di dunia ini. Volume air Sungai Mekong paling besar ke – 10 di dunia sedang untuk panjangnya sungai ini dinobatkan jadi sungai terpanjang nomer 12 di dunia.

Selama perjalanan telusuri Sungai Mekong, beberapa pelancong akan disajikan pemandangan indah mulai dari Lokasi Huay Xai yang ada di perbatasan Thailand Utara sampai ke Kota Luang Prabang serta sebaliknya.


That Dam
That DamThat Dam adalah satu bangunan yang serupa pucuk wat serta memiliki warna hitam hingga dimaksud dengan That Dam atau black stupa. Tempat ini tidak banyak didatangi orang atau pelancong karena tempatnya yang pas berada di tengahnya jalan atau bundaran. Buat anda yang ingin habiskan waktu sore sekalian nikmati hiruk pikuk Kota Laos dapat hadir kesini. Atau anda ingin nongkrong di café? Tidak jauh dari That Serta dapat diketemukan café dengan style moderen.

Lihat memiliki bentuk yang unik nyatanya tempat ini dipenuhi oleh legenda. Legenda yang menyelimutinya That Dam ialah stupa itu ditempati oleh naga yang mempunyai menuju kepala. Banyak yang menjelaskan bila naga itu yang membuat perlindungan masyarakat ditempat saat kota Vientine diserang, dijarah serta sejumlah besar kota hancur oleh Siam di tahun 1827. Penggambaran naga tersbeut seringkali dapat disaksikan di kuil kuil yang berada di lokasi Asia Tenggara.



Itu beberapa obyek wisata di Laos yang menarik serta popular. Anda dapat berkunjung ke beberapa tempat menarik itu dengan keluarga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar