Jumat, 03 Mei 2019

6 Objek Wisata di Pulau Pagai Mentawai yang Tak Boleh Dilewatkan

Kepulauan Mentawai banyak tawarkan kesunyian pantai-pantai berpasir putih yang alami dibawah kerimbunan pohon-pohon kelapa yang tinggi. Jadi magnet buat lebih 7 ribu peselancar dari seluruh dunia yang tetap hadir tiap musim ombak.


Ada dua pulau di selatan Mentawai yang menarik untuk disinggahi, Pulau Pagai Utara serta Pagai Selatan. Untuk meraihnya dari Padang, dapat naik kapal cepat Mentawai Fast dalam tempo 3,5 jam atau kapal regular ASDP KM Gambolo dengan waktu pintas 12 jam. Mentawai Fast cuma sekali satu minggu tiap Jumat. Sedang KM Gambolo 2x satu minggu tiap Selasa serta Sabtu. Untuk fasilitas, ada 1 resor di Pantai Silabu, Pagai Utara yakni Macaroni Resort serta ada 5 wisma di Sikakap, Pagai Utara.

Dua pulau ini cuma terpisah oleh selat selebar 900 meter. Ini 6 objek wisatanya yang tidak bisa ditinggalkan jika bertandang ke Mentawai.

1. Pulau Bakkat Menuang

Bila Anda berlayar ke Pulau Pagai, mendekati masuk Selat Sikakap, kapal akan melalui satu pulau kecil di mulut selat. Pulau kecil yang hijau oleh pohon-pohon itu persis terdapat di dalam selat yang memisahkan Pulau Pagai Selatan dengan Pulau Pagai Utara. Menarik untuk diabadikan dengan camera.

Pulau kecil itu bernama Bakkat Menuang yang berarti pangkal pohon menuang. Narasi rakyat Mentawai, pulau itu berasal dari pangkal pohon raksasa yang sempat tumbuh disana. Waktu itu Pulau Pagai Utara serta Pagai Selatan masih menyatu. Diatas pohon menuang raksasa itu seekor burung rajawali raksasa serta seekor anaknya yang seringkali memangsa manusia. Masyarakat sukses membunuh anak rajawali serta menebang pohon itu. Waktu akan roboh, induk burung itu menyepakkan kakinya mengarah Pulau Pagai, hingga pohon jatuh menghajar Pulau Pagai. Mengakibatkan pulau Pagai terbelah jadi dua.



2. Pantai Silabu

Pantai Silabu ada di Desa Silabu, Pagai Utara. Di sini ada Tanjung Sintai yang populer mempunyai ombak yang melawan setinggi 4 meter dengan gulungan yang indah. Ombak terbaik, diantaranya Macaronis, Rag's Left, serta Rag's Right. Tempat ini bisa diraih 3-4 jam perjalanan dengan perahu motor dari Dermaga Sikakap, Pagai Utara. Keramahan masyarakat membuat beberapa pelancong kerasan tinggal begitu lama.

3. Pulau Pittoijat

Pulau Pittoijat berada di seberang Pantai Silabu. Ombaknya yang tinggi sekali serta tempatnya yang terpisah dari tempat tinggal masyarakat membuat bertambah nyaman beberapa peselancar yang hadir dari beberapa negara seperti Australia, Prancis, Brasil, serta Amerika Serikat. Ombak terbaik ialah Thunder Left, Thunder's Right, serta Light House. Bila ingin beli cenderamata ciri khas Mentawai, pelancong langsung dapat ke arah Dusun Sabbiret atau Malakkopak yang terdapat tidak jauh dari pulau ini. Disana ada keranjang ciri khas wilayah, panah serta kapak, pendayung, tas baklu dari kulit pelepah sagu, serta perlengkapan tradisionil lain.

Baca juga : jarak malang ke pantai balekambang dan kondisi jalan ke pantaibalekambang

4. Teluk Sibigeu

Tempat Teluk Sibigeu berada di Pulau Pittoijat. Tempat ini banyak disukai pelancong asing, terutamanya beberapa peselancar. Tempat ini mempunyai bentangan pantai berpasir putih serta air laut yang begitu jernih dengan gulungan ombak yang merayu. Tempat ini umumnya dimaksud “Bagat Simarabuk” oleh warga ditempat serta bisa diraih dengan memakai perahu motor dari Dermaga Sikakap seputar 3-4 jam.

Pantai Pamintaijat di Desa Makalopa, Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai yang jadi spot surfing. Tempo/Febrianti

5. Goa Pamintaijat

Tempat wisata ini terdapat di Desa Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan, disamping barat Pulau Pagai Selatan yang bertemu langsung dengan perairan Samudera Hindia. Di selama Pantai Pamintaijat ada bentangan pasir putih yang luasnya seputar 50-100 meter selama 2 km. Uniknya, di lokasi pantai itu ada satu gua walet yang dimaksud Gua Pamintaijat dengan panjang 50 meter. Dinding batunya tegak lurus setinggi 20-40 meter memagari pantai yang penuh pesona.

6. Pulau Siruso

Pulau berpasir putih ini ada di muka Sikakap, Pagai Utara. Pasir putihnya membentang di selama pantai dengan air laut yang jernih serta berwana biru muda. Panorama yang indah jadi daya tarik pulau ini hingga ramai didatangi pelancong lokal untuk berpiknik serta berenang. Untuk pergi ke pulau ini, pengunjung bisa menyewa perahu motor di Dermaga Sikakap Rp 250 ribu. Lama perjalanan seputar 45 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar